Daftar Blog Saya

Kamis, 14 April 2011

jenis-jenis paragraf



Paragraf Narasi
Contoh
  • Kemudian mobil meluncur kembali, Nyonya Marta tampak bersandar lesu. Tangannya dibalut dan terikat ke leher. Mobil berhenti di depan rumah. Lalu bawahan suaminya beserta istri-istri mereka pada keluar rumah menyongsong. Tuan Hasan memapah istrinya yang sakit. Sementara bawahan Tuan Hasan saling berlomba menyambut kedatangan Nyonya Marta.
  • Patih Pranggulang menghunus pedangnya. Dengan cepat ia mengayunkan pedang itu ke tubuh Tunjungsekar. Tapi aneh, sebelum mengenai tubuh Tunjungsekar. Tapi aneh, sebelum mengenai tubuh Tunjungsekar, pedang itu jatuh ke tanah. Patih Pranggulang memungut pedang itu dan membacokkan lagi ke tubuh Tunjungsekar. Tiga kali Patih Pranggulang melakukan hal itu. Akan tetapi, semuanya gagal.
  • Sumber : Terampil Menulis Paragraf, 2004 : 66
  • Sumber : Tempo, 20 Februari 2005
Paragraf Deskripsi
Siang itu aku sedang duduk santai di sofa empuk di dalam apotik milikku yang baru saja dibuka. Apotik ini adalah impianku sejak aku kuliah di Farmasi dulu. Sekarang aku memandang puas pada usahaku selama ini. Aku bisa mendirikan apotik di kota kelahiranku. Apotik ini cukup luas, beberapa rak besar tempat obat-obatan berjejer rapi dengan kemasan-kemasan obat warna-warni yang disusun menurut khasiat obatnya. Pandangan saya tertuju pada rak buku di pojok ruangan yang berisi buku-buku tebal. Ku ambil satu buku yang disampulnya tertulis Informasi Spesialis Obat atau yang biasa disebut kalangan farmasi dengan buku ISO. Setelah ku pandangi aku tersenyum dan mengembalikannya ke tempat semula. Aku memandang lagi secara keseluruhan apotik ini, sebuah televisi 14 inci dan sebuah computer di meja kasir. Hembusan angin dari AC cukup membuat udara terasa sejuk di bulan Mei yang panas ini.
Sumber http://iaibcommunity.wordpress.com/2008/…
Paragraf Persuasi
Sistem pendidikan di Indonesia yang dikembangkan sekarang ini masih belum memenuhi harapan. Hal ini dapat terlihat dari keterampilan membaca siswa kelas IV SD di Indonesia yang berada pada peringkat terendah di Asia Timur setelah Philipina, Thailand, Singapura, dan Hongkong. Selain itu, berdasarkan penelitian, rata-rata nilai tes siswa SD kelas VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA dari tahun ke tahun semakin menurun. Anak-anak di Indonesia hanya dapat menguasai 30% materi bacaan. Kenyataan ini disajikan bukan untuk mencari kesalahan penentu kebijakan, pelaksana pendidikan, dan keadaan yang sedang melanda bangsa, tapi semata-mata agar kita menyadari sistem pendidikan kita mengalami krisis. Oleh karena itu, semua pihak perlu menyelamatkan generasi mendatang. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem pendidikan nasional.
Sumber : Kompas,14 Mei 2009 dengan perubahan seperlunya

Tulisan Yang Menggambarkan Proses

Proses Terjadinya Petir
Awalnya awan mendung ,bergesekan satu sama lain akibat dorongan angin yang sangat kencang pada awan .kareana gesekan antar awan yang sangat keras maka hal in menyebabkan terjadinya panas pada awan secara berlebihan .panas yang berlebihan tersebut akan menyediakan elektron bebas yang sangat besar .Elektron elektron bebas tersebut memiliki tegngan yang sangat tinggi .pergerakan elektron elektron bebas tersebut akan menimbulkan petir yang memeiliki teganagan yang sangat tinggi .dan tegangan tersebut berbentuk impulse (PULSA)memiliki perioda yang sangat cepat( dalam kisaran ยต sekondan memiliki kecepatan yang sebanding dengan kecepatan cahaya)
Petir yang memiliki teganagan sangat tinggi tersebut mamapu memebrekdownkan udara ( memebuat menjadi tembus listrik ) udara yang berada disekitarnya sampai ke bumi . proses breakdown udara tersebut menghasilkan dentuman yang sangat keras.dengan tegangan yang sangat besar ini juga , diperkirakan petir dapat menghancurkan pohon setinggi 20 m . petir merupakan suatu yang sangat diperhitungkan dalam sistem transmisi listrik karena dapat menghasilkan tegangan lebih pada kawat transmisi tegangan tinggi sehingga dapat merusak peralatan tegangan tinggi.serangan petir dapat melelui sambaran langsung maupun induksi.
Di indonesia ,yang merupakan daerah khatulistiwa yang panas dan lembab mengkibatkan terjadinya curah hujan yang sangat tinggi dibanding daerah lainnya ( 100 -200 /hari/ tahun ) bahkan di daerah cibinong sampai tercatat pada Guiness of Record dengan jumlah 222 petir.
Petir yang memiliki teganagan sangat tinggi tersebut mamapu memebrekdownkan udara ( memebuat menjadi tembus listrik ) udara yang berada disekitarnya sampai ke bumi . proses breakdown udara tersebut menghasilkan dentuman yang sangat keras.dengan tegangan yang sangat besar ini juga , diperkirakan petir dapat menghancurkan pohon setinggi 20 m . petir merupakan suatu yang sangat diperhitungkan dalam sistem transmisi listrik karena dapat menghasilkan tegangan lebih pada kawat transmisi tegangan tinggi sehingga dapat merusak peralatan tegangan tinggi.serangan petir dapat melelui sambaran langsung maupun induksi.
Di indonesia ,yang merupakan daerah khatulistiwa yang panas dan lembab mengkibatkan terjadinya curah hujan yang sangat tinggi dibanding daerah lainnya ( 100 -200 /hari/ tahun ) bahkan di daerah cibinong sampai tercatat pada Guiness of Record dengan jumlah 222 petir.
Sumber : http//gomindo.wordpress.com/2008/05/05/proses-terjadinya-petir/
Tulisan Yang Berbentuk Laporan
LAPORAN HASIL PENGAMATAN
LAMPU TEPLOK BERBAHAN BAKAR SPRITUS DAN ALKOHOL

Alat Dan Bahan ;
–Botol Kratingdaeng 150 mL (2)
–Sumbu
–Seng
–Spritus
–Alkohol
Cara Kerja
1.Membuat lubang pada tengah tutup botol.
2.Memotong seng ukuran 2 X 3 cm kemudian setelah dipotong dililitkan pada sumbu bagian atas.
3.Memasukkan dan memasang sumbu pada lubang yang sudah dibuat ditengah tutup botol .
4.Mengisi bahan bakar kedalam botol.
Hasil Pengamatan ;
1.Lampu teplok berbahan bakar spritus.*Lama hidup ;Apabila bahan bakar diisi setengah botol (75 mL) : 2 jam 90 menit (±3 jam)Apabila bahan bakar diisi penuh (150 mL) : ±6 jam*Berasap tetapi tidak tebal dan tidak berwarna abu-abu pekat.*Asap tidak berbau.*Api tidak berwarna kentara seperti lampu pada umumnya yang berbahan bakar minyak.2.Lampu teplok berbahan bakar alcohol.*Lama hidup ;Volum 100 mL : 4 jam 28 menit
*Berasap tetapi tidak tebal dan tidak berwarna abu pekat seperti asam lampu teplok pada umumnya yang berbahan bakar minyak.*Asap tidak berbau.

Paragraf Sebab Akibat
Kemarau tahun ini cukup panjang. Sebelumnya, pohon-pohon di hutan sebagi penyerap air banyak yang ditebang. Di samping itu, irigasi di desa ini tidak lancar. Ditambah lagi dengan harga pupuk yang semakin mahal dan kurangnya pengetahuan para petani dalam menggarap lahan pertaniannya. Oleh karena itu, tidak mengherankan panen di desa ini selalu gagal.
Sumber : www.scribd.com
MENJABARKAN SUATU ISTILAH
Jantung koroner merupakan salah satu penyakit pembunuh yang paling ditakuti di seluruh dunia.
Biasanya penyakit ini dialami oleh orang berusian produktif dan menyerang secara mendadak hingga menimbulkan kematian.
A. Gejala-gejala penyakit jantung koroner
  1. Dada terasa sakit dan menekan
  2. Pusing kepala yang berkepanjangan
  3. Merasa sekujur tubuhnya terbakar tanpa sebab yang jelas
  4. Terjadi keluhan di sekitar tulang dada dan leher
  5. Tapi kebanyakan orang yang menderita penyakit jantung koroner tidak mengalami beberapa gejala di atas. Tiba-tiba saja jantung si penderita bermasalah dan dalam kondisi yang kronis.
B. Penyebab Jantung Koroner
Penyakit ini disebabkan oleh adanya penyempitan dan penyumbatan di pembuluh arteri koroner. Hal ini disebabkan oleh penumpukan zat-zat lemak (kolesterol, trigliserida) di dinding pembuluh nadi bagian paling bawah (endotelium).
Setelah lemak menumpuk, aliran darah akan tersumbat dan tak mampu menuju jantung sehingga mengganggu kerja jantung dalam memompa darah. Efek yang paling dirasakan adalah hilangnya pasokan oksigen dan nutrisi menuju jantung karena aliran darah ke jantung berkurang.
. Hal-hal yang memicu penyakit jantung koroner :
  1. Merokok dalam jumlah yang banyak dan selama bertahun-tahun
  2. Konsumsi makanan yang berlemak atau berkolesterol tinggi
  3. Hipertensi yang telah diderita
  4. Diabetes mellitus juga memancing timbulnya penyakit jantung koroner
  5. Obesitas
  6. Kurang beraktivitas dan berolahraga
  7. Minum minuman beralkohol
  8. Penyalahgunaan obat (narkoba)
D. Fakta-fakta tentang penyakit jantung koroner
  1. Jantung koroner adalah penyakit pembunuh nomor satu di Amerika Serikat yang menyerang baik lelaki maupun perempuan
  2. Setiap tahun di AS, lebih dari setengah juta orang meninggal akibat penyakit jantung koroner
  3. Kematian akibat jantung koroner bisa dicegah dikarenakan penyakit ini berhubungan dengan gaya hidup. Jika masyarakat baik dan sehat dalam hidup dipastikan terbebas dari penyakit jantung koroner
  4. Perawatan bagi penderita penyakit jantung koroner membutuhkan waktu yang sangat lama dan kontinu.
E. Pencegahan Penyakit Jantung Koroner
  1. Gaya hidup seimbang dan menghindari risiko stres sangat dibutuhkan agar seseorang tidak terkena penyakit jantung koroner.
  2. Mengonsumsi makanan sehat dan berserat tinggi. Kurangi makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi agar tidak terjadi kegemukan.
  3. Segera berhenti merokok. Merokok menyebabkan elastisitas pembuluh darah berkurang sehingga meningkatkan pengerasan pembuluh darah arterin yang memicu stroke.
  4. Mengurangi atau menghindari minuman beralkohol
  5. Olahraga yang teratur
  6. Hindari penggunaan obat-obatan terlarang
F. Tes untuk memastikan apakah seseorang memiliki penyakit jantung koroner
Tidak ada ukuran yang pasti untuk mengetahui penyakit jantung koroner. Tapi beberapa jenis tes berikut dapat memberikan gambaran apakah seseorang mengidap penyakit jantung koroner
  1. Electrocardiogram
  2. Stress test
  3. Nuclear scanning
  4. Coronary angigraphy
Sumber : www.anneahira.com/pencegahan…/jantung-koroner.htm
Tulisan Yang Mengklasifikasikan Suatu Informasi
Penyakit Kanker Paru-paru tergolong dalam penyakit kanker yang mematikan, baik bagi pria maupun wanita. Dibandingkan dengan jenis penyakit kanker lainnya, seperti kanker prostat, kanker usus, dan kanker payudara, penyakit kanker paru-paru dewasa ini cenderung lebih cepat meningkat perkembangannya.
Penyakit kanker paru-paru adalah sebuah bentuk perkembangan sell yang sangat cepat (abnormal) didalam jaringan paru yang disebabkan oleh perubahan bentuk jaringan sell atau ekspansi dari sell itu sendiri. Jika dibiarkan pertumbuhan yang abnormal ini dapat menyebar ke organ lain, baik yang dekat dengan paru maupun yang jauh misalnya tulang, hati, atau otak.
Penyakit kanker paru-paru lebih banyak disebabkan oleh merokok (87%), sedangkan sisanya disebabkan oleh zat asbes, radiasi, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan pancaran oven arang bisa menyebabkan kanker paru-paru, meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga merokok.
# Klasifikasi Penyakit Kanker Paru-Paru
Ada pengklasifikasian dari penyakit kanker paru-paru, Ini dilihat dari tingkat penyebarannya baik dijaringan paru itu sendiri maupun terhadap organ tubuh lainnya. Namun pada dasarnya penyakit kanker paru-paru terbagi dalam dua kriteria berdasarkan level penyebarannya:
1. Kanker paru-paru primer
Memiliki 2 type utama, yaitu Small cell lung cancer (SCLC) dan Non-small cell lung cancer (NSCLC). SCLC adalah jenis sell yang kecil-kecil (banyak) dimana memiliki daya pertumbuhan yang sangat cepat hingga membesar. Biasanya disebut “oat cell carcinomas” (karsinoma sel gandum). Type ini sangat erat kaitannya dengan perokok, Penanganan cukup berespon baik melalui tindakan chemotherapy and radiation therapy.
Sedangkan NSCLC adalah merupakan pertumbuhan sell tunggal, tetapi seringkali menyerang lebih dari satu daerah di paru-paru. Misalnya Adenoma, Hamartoma kondromatous dan Sarkoma.
2. Kanker paru sekunder
Merupakan penyakit kanker paru yang timbul sebagai dampak penyebaran kanker dari bagian organ tubuh lainnya, yang paling sering adalah kanker payudara dan kanker usus (perut). Kanker menyebar melalui darah, sistem limpa atau karena kedekatan organ.
# Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Paru-paru
Tanda dan gejala kanker paru ini hanya akan muncul saat perkembangan abnormal sell ini semakin parah kearah stadium yang lebih lanjut, dan ini memerlukan waktu bertahun-tahun sejak awal perkembangannya. Bahkan ada kemungkinan tidak menampakkan adanya tanda dan gejala khusus, melainkan hanya tampak jika dilakukan X-ray. Namun jika beberapa tanda dan gejala dibawah ini apabila dirasakan, sebaiknya segeralah periksa ke dokter :
1. Batuk-batuk yang lama pada orang merokok
2. Kesulitan bernafas (nafas pendek)
3. Batuk mengeluarkan darah (meskipun jumlah sedikit)
4. Sering mengalami infeksi paru (pneumonia atau bronchitis)
5. Adanya nyeri dada, bahu dan bagian punggung
6. Suara yang berubah dari biasanya
7. Batuk lebih dari 2 minggu pada orang yang tidak merokok
8. Lainnya seperti susah menelan, leher dan wajah tampak membengkak, nafsu makan berkurang, hilangnya berat badan, cepat lelah atau lemah.
# Penyebab Penyakit Kanker Paru-paru
Penyebab terbesar adalah merokok, Sedangkan lainnya adalah disebabkan adanya kontaminasi udara sekitar oleh zat asbes, polusi udara oleh asap kendaraan ataupun pembakaran termasuk asap rokok. Ada beberapa kasus penyakit yang memicu terjadinya penyakit kanker paru-paru ini, yaitu penyakit TBC dan Pneumonia. Kedua penyakit ini dapat menimbulkan perlukaan pada jaringan sell organ paru sehingga mensupport terjadinya pertumbuhan sell abnormal didalam rongga tersebut. Biasanya kanker paru yang berkembang dari kasus ini adalah jenis adenocarcinoma (adenoma).
# Penanganan dan Treatment Penyakit Kanker Paru
Penanganan dan treatment atau pengobatan yang dilakukan pada orang yang terdiagnosa mengalami penyakit kanker paru akan tergantung dari tingkat stadiumnya, kemungkinan dilakukannya operasi, serta kondisi umum si Penderita. Hal ini tidak terlepas dari riwayat serta penyebab dari adanya kanker paru tersebut tentunya.
Beberapa langkah yang biasa dilakukan adalah:
* Tindakan operasi pembedahan mengangkat sell kanker
* Tindakan Therapy Radiasi
* Tindakan Therapy Kemotherapy
* Tindakan penyuntikan {Photodynamic (PTD)}
Pemberian Nutrisi dan supplement dapat mengurang gejala yang disebabkan oleh kanker paru. Vitamin D dan Fe sangat baik untuk diberikan oleh penderita penyakit kanker paru, Begitu pula dengan makanan antioxidant seperti blueberri, cherri, dan buah tomat.
Sumber : http//www.infopenyakit.com/2008/06/peny…
Tulisan Yang Membandingkan Sesuatu
Apa Beda Flu dan Pilek?
Pada saat sakit, sering disertai dengan nyeri menelan, batuk dan demam, apakah ini yang disebut dengan flu (influenza) atau hanya pilek biasa saja?
Pada dasarnya, flu itu memberikan gejala yang lebih berat dibanding dengan pilek. Dan kita akan merasa lebih menderita bila sedang flu dibanding dengan pilek. Tapi memang bukan cara yang mudah untuk membedakannya. Oleh karena itu mari kita bedakan satu persatu dari gejala yang mungkin terjadi.
Gejala Demam
Biasanya flu sering disertai dengan peningkatan suhu tubuh yang tinggi disertai menggigil, sedang pada pilek, demam jarang terjadi. Kalaupun ada, demam hanya berupa demam yang ringan.
Mulai timbulnya penyakit
Pada flu, biasanya terjadi secara mendadak sedang pada pilek, terjadinya secara perlahan-lahan.
Nyeri menelan dan batuk
Pada flu, biasanya tidak ada gangguan dalam menelan dan batuk, sedang pada pilek sering disertai dengan nyeri menelan dan batuk yang cukup berat.
Sakit kepala
Sakit kepala sering menyertai flu, sedang pada pilek biasanya tidak ada sakit kepala.
Nyeri otot atau ngilu dan rasa letih
Pada flu, sering disertai dengan nyeri pada otot (ngilu) dan letih sedang pada pilek jarang terjadi gangguan nyeri otot dan keletihan.
Nafsu makan
Pada flu sering penderita tidak mempunyai nafsu makan atau nafsu makannya menjadi berkurang sedang pada pilek, nafsu makannya normal seperti biasa.
Walaupun misalnya di dalam kategori di atas, ternyata termasuk dalam kategori pilek, itu tidak berarti menutup kemungkinan bahwa itu ternyata flu atau dapat juga pilek kita derita kemudian berlanjut menjadi flu, atau sebaliknya. Dan yang penting untuk diketahui juga, bahwa gejala flu pada anak dapat bermacam-macam sehingga kadang sulit untuk dibedakan
Sumber :http://www.e-iklanbaris.com/mod.php?mod=publisher&op=viewarticle&cid=22&artid=98
Kritical Review
Dalam artikel yang berjudul “Commercial Banking in a Free Society” yang ditulis oleh Steven Horwitz ini secara umum sudah dapat memberikan gambaran yang cukup jelas bagi pembaca mengenai perbankan komersial dalam hubungannya memberikan pelayanan bagi masyarakat bebas dengan beberapa faktor yang menjadi kendala yaitu hukum dan peraturan yang ditetapkan pemerintah Amerika.
Namun menurut kami harus ada penyempurnaan dalam memberikan pengertian dan konsep-konsep dasar tentang bank dan peraturan pemerintah secara lebih lengkap dan menyentuh permasalahan, untuk itu  kami akan mencoba memberikan kritik.
Yang pertama adalah : Commercial Banking , Steven Horwitz sebaiknya memberikan pengetahuan dasar tentang layanan keuangan dari bank komersial dan regulasi terhadap bank komersial, hal yang perlu ditambahkan antara lain :
-  Layanan yang diberikan commercial bank saat ini: time and saving deposits, equipment leases, credit life insurance, financial advice and counseling, safekeeping of valuables, transfer of securities, credit guarantees, underwriting of custom-issued securities.
-  Peraturan terhadap bank komersial yang diterapkan pemerintah di tingkat federal dan state : 1) The chartering of new bank; 2) The establishment of branch offices; 3) The excercise of trust power; 4) The formation of holding companyand mergers; 5) The offering of new financial services; 6) The adequacy of bank capital; 7) The quantity and quality of loans and investments; 8) The level of cash reserves; 9) The maximum fees that can be charged on loans and selected other services in some state.
Dalam artikel ini Steven Horwitz hanya menekankan peraturan nomor 2, 5, 8, seharusnya untuk menambah aspek pembahasan masalah akan  lebih baik jika menyinggung peraturan yang lain.
Kedua : Interstate Banking , artikel Horwitz tidak menjelaskan banyak mengenai interstate banking yang meliputi costs and benefits dan regulasinya , Berikut ini akan kami ulas sedikit mengenai interstate banking.
Costs and Benefits : Ada tiga dimensi yang penting yaitu : (1) efeknya pada konsentrasi, kompetisi, dan efisiensi sistem perbankan; (2) efek terhadap aliran kredit dan tabungan; dan (3) efek terhadap risiko dalam perbankan.
Dominasi sistem perbankan oleh organisasi perbankan yang besar memerlukan skala ekonomi yang signifikan dalam industri perbankan. Skala ekonomi dan hubungan antara biaya bank dengan ukuran bank adalah cukup konsisten dan menunjukkan bahwa bank yang besar memiliki keuntungan dalam hal biaya dibandingkan dengan bank yang berskala kecil. Dengan adanya interstate branching akan mengurangi biaya operasi, seperti pengeluaran overhead dan management dapat dikurangi dengan mengkonversi subsidiary bank dalam holding companies menjadi kantor cabang.
Interstate banking dapat mengalirkan dana tabungan dari pedesaan ke daerah kota, namun sistem perbankan nationwide juga dapat menimbulkan pemusatan dana dengan jalan yang tidak dikehendaki secara sosial. Sebaliknya, pendukung interstate banking menyatakan bahwa masuknya bank di pasar  daerah baru akan meningkatkan aliran kredit pada pasar tersebut. Interstate bank tidak terbatas pada investasi lokal, dan dapat menempatkan sejumlah dana di pasar uang dan pasar modal nasional maupun internasional, melalui pembelian sekuritas dan hubungan koresponden dengan dengan bank besar.
Regulasi dalam interstate banking : McFadden Act adalah federal law yang melarang bank untuk membuka cabang interstate, dan hukum federal lainnya yaitu Douglas amendement terhadap Bank Holding Company Act melarang pemilik interstate bank untuk menyeberang ke negara bagian lain jika hukum negara bagian setempat tidak mengijinkan kepemilikan bank di wilayahnya.
Tipe Hukum Interstate Banking : ada dua yaitu : Resiprocity law dan geographic extent of coverage. Resiprocity artinya negara bagian hanya mengijinkan masuknya bank dari luar negara bagian tersebut jika negara bagian lain menerima masuknya bank tersebut. Kebanyakan negara bagian memilih resiprocity.
Ketiga : Glass-Steagall Restriction (G-S), artikel ini akan lebih mudah dan jelas untuk dipahami apabila ditambahkan lebih lengkap lagi mengenai faktor-faktor yang menyebabkan Glass-Stealgall Restriciton ini muncul dan disahkan kongres menjadi Banking Act of 8751933. Dan untuk memperjelas kajian mengenai G-S sebaiknya diberikan gambaran atau pandangan dari pihak pro dan kontra terhadap Banking Act ini.
Pihak yang pro : yaitu pihak yang mendukung bank komersial memasuki investment banking, dengan alasan : 1) dapat meningkatkan kompetisi dalam industri sekuritas; 2) dapat mengurangi cost dalam menghasilkan jasa keuangan; 3) pengaruh persaingan dan pasar global memaksa bank Amerika untuk menggabungkan commercial bank dengan investment bank, jika tidak bank-bank Amerika tersebut tidak akan kompetitif dalam persaingan industri perbankan di dunia; 4) dapat menyerap kembali share mereka dalam pasar kredit corporate.
Pihak yang kontra : yaitu pihak yang menentang pencabutan atau pengurangan Glass-Steagall, dengan alasan : 1) Merger bank komersial dengan bank investasi akan memperbesar risiko kegagalan bank; 2) dapat menimbulkan conflict of interest dan self-dealing, yang akan memberikan andil dalam kehancuran bank; 3) akan menimbulkan peningkatan konsentrasi, monopoli sumberdaya keuangan, dan mengurangi persaingan.
Keempat : Private Deposit Insurance, tulisan Steven Horwitz tidak memberikan gambaran pelaksanaan penjaminan deposito dan  lembaga yang menjamin asuransi deposito di Amerika.
Terjadinya kehancuran perbankan Amerika selama tahun 1920-1930 karena resesi ekonomi, ditandai dengan penurunan jumlah bank dari 30,000 di tahun 1920 menjadi 14,000 di tahun 1940. Kegagalan atau bangkrutnya bank tentu akan akan merugikan pihak kreditur, untuk itu kongres Amerika menciptakan suatu sistem penjaminan deposit melalui Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC).
Ketika terjadi peningkatan jumlah bank yang gagal di tahun 1980, kongres menanggapinya dengan mengeluarkan Garn-St Germain Depository Institutions Act of 1982. Setelah itu pada tahun 1987 kongres meluluskan Competitive Equality in Banking Act of 1987 yang memberikan kekuatan kepada FDIC untuk mengambil alih bank yang jatuh  dan mengatur interstate mergers yang melibatkan bank yang jatuh tersebut. Akhirnya pada tahun 1991 Kongres menyetujui FDIC Improvement Act.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar